Medanese IT Geek, movie lover and (mostly) law-abiding citizen. Dreaming of cheap and easy access to ICT, healthcare and education in Indonesia.

Search:


23/05/2009

Review: The New iPod Shuffle

Category: Indonesian,IT in General — kamaruddin @ 10:47 pm

Saya sudah memendam keinginan cukup lama untuk memiliki iPod Shuffle terbaru, The New iPod Shuffle atau iPod Shuffle generasi ketiga. Biasa… produk Apple selalu monumental, spektakuler, dan mencuri perhatian dunia. Seri Shuffle adalah jajaran pemutar musik portable iPod yang “dipakai” (wearable). Jadi produknya harus tidak ribet, ultra kecil dan yang terpenting, tetap modis.

Ketika berjalan-jalan sendirian di salah satu mal di Medan hari Sabtu lalu, saya membelinya untuk istri sebagai hadiah. Saya sudah tidak kaget dengan bentuk fisiknya yang lebih kecil daripada Shuffle generasi kedua. Ketahanan baterenya juga cukup lama, sekitar 10 jam.

New iPod Shuffle 3rd Gen. (belakang)

Shuffle terbaru ini tidak memiliki tombol apapun di badannya. Tombol kendalinya ada pada kabel earphone. Designnya sangat minimalis. Beberapa orang mungkin tidak suka dengan desain baru ini. CNET bahkan menyebutkan bahwa Shuffle ini “boring”. Tapi bagi orang yang suka menyembunyikan pemutar musiknya maka inilah produk paling tepat setelah iPod Shuffle generasi kedua. Cobalah jepit di kerah baju, tepi kaos, celana jeans, atau mungkin dasi anda. Jika tidak ada yang menanyakan benda apa itu maka kirimlah email kepada Steve Jobs untuk memecat karyawan bagian desain produk. :-)

Jadi apa saja yang baru?

  • Voiceover
    Ya, memang bukan hype yang berlebihan jika Apple mengatakan bahwa iPod inilah yang pertama bisa “ngomong”. Jika anda menekan dan tahan tombol tengah di pengendali volume earphone maka teknologi Voiceover menyebutkan lagu dan nama artisnya. Cukup keren bukan? Kini anda bisa tahu lagu apa yang sedang dimainkan.

    Masalah yang saya temui adalah suara Voiceover-nya. Nada suaranya terkadang berubah sendiri saat menyebutkan lagu tertentu. Suara Voiceover pada versi Mac juga terdengar lebih tegas dan jelas daripada versi PC. Yang terakhir ini diketahui saat melihat video “Introducing the New iPod Shuffle”.

  • Multiple Playlist
    Ini yang saya suka dari iPod baru ini. Dengan iTunes anda bisa membuat playlist untuk lagu-lagu tertentu. Anggaplah playlist itu kategori misalnya “Jogging”, “Rock”, “Love Songs”. Dengan menekan dan tahan setelah Voiceover selesai menyebutkan lagu dan artis, ia akan menyebutkan playlist anda satu per satu berdasarkan abjad. Tekan tombol tengah sekali pada playlist yang disebutkan untuk memainkan semua lagu yang ada dalam playlist tersebut.
  • Packaging
    Unboxing the iPod Shuffle 3rd Gen.

    Produknya kali ini dipaket dengan minimalis. Apple berkomitmen untuk meminimalkan kerusakan lingkungan dengan menggunakan bahan yang bisa didaur ulang dan pemakaian bahan sedikit mungkin. Tentu ini juga meminimalkan cost yang keluar, bukan begitu Steve?

Lalu Kekurangannya?

  • Pengendali di earphone
    Jika pengendali atau earphone ada gangguan/rusak maka anda terpaksa membeli earphone baru. Saya belum tahu berapa harga earphone baru untuk Shuffle ini, tapi rasanya saya tidak akan mau mendengarkan harganya.
  • Harus memakai iTunes
    Jika Shuffle sebelumnya ada program kecil alternatif seperti iShuffle, YamiPod, Sharepod untuk manajemen file musik, maka kali ini saya harus kecewa. Program kecil di atas masih belum berfungsi baik. Bahkan iShuffle gagal untuk mengenali Shuffle terbaru ini. Hal ini menyebabkan saya terpaksa mendownload iTunes sebesar 72 MB yang di dalamnya terdapat Quicktime, Bonjour, Apple Software Updater dan lain-lain yang wajib dipasang di komputer. Saya harus pasrah kali ini. Voiceover tetap mewajibkan ada iTunes, pemutar musik sebesar King Kong yang memakan memori ~50MB.

Lalu bagaimana dengan harga? Harga sebenarnya cuma $79 di “sono”. Di Medan saya mendapatkan harganya $12-$15 lebih tinggi. Maklum barang import dengan garansi internasional (katanya).


Voiceover Manual download
If you fail continuously when installing Voiceover from the internet. Try this for Voiceover manual download using your download manager.


Tags:

• • •

1 Comment »

  1. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.0 on Windows Windows XP

    wah… keren banget ya. pasti sang istri senang sekali mendapat hadiah seperti itu.
    btw, siapa nama Kamaruddin jr itu?

    Comment by Anneke Priskila — 01/06/2009 @ 4:12 pm

Comments RSSTrackBack URI

Leave a comment

Using modified "Sitepoint-like" Theme. kamaruddin [-at-] gmail *dot* com