Medanese IT Geek, movie lover and (mostly) law-abiding citizen. Dreaming of cheap and easy access to ICT, healthcare and education in Indonesia.

Search:


18/12/2008

Yuk, Main Game Windows di Linux

Category: Indonesian,IT in General,Ubuntu — kamaruddin @ 1:21 pm

Jalankan game Windows di linuxTentunya sangat menyenangkan bukan, bila kita bisa menjalankan seri Need for Speed di linux tanpa membeli sebuah salinan Windows asli seharga ratusan dolar? Hemat, tidak melanggar hukum dan tetap bisa bermain game favorit.

Piranti lunak permainan komputer memang lebih banyak dikembangkan di platform Windows. Di linux memang miskin game blockbuster seperti seri Grand Theft Auto, seri Warcraft, atau Half Life. Pengguna linux yang ingin memainkan game Windows di komputer bisa saja menjalankannya dengan virtualisasi seperti VirtualBox namun tidak praktis dan merepotkan. Komputer harus kencang dan bermemori cukup besar untuk mengemulasikan penuh sistem operasi di dalam linux. Nah, anda pasti sudah pernah mendengar project Wine, Wine Is Not an Emulator. Dengan Wine, aplikasi seolah-olah berjalan di platform aslinya dengan modus compatibility layer. Dengan cara ini kekuatan CPU dan memori yang digunakan untuk menjalankannya jauh lebih hemat daripada virtualisasi penuh.

Tapi satu kekurangan besar dari Wine adalah kompleksitas. Dibutuhkan kesabaran untuk mencoba-coba setting yang tepat untuk menjalankan aplikasi windows secara baik di linux. Memang petunjuk settingan yang benar ada di forum Wine atau situs bantuan lainnya namun tidak jarang pengguna linux “angkat tangan” dalam hal ini. Jika anda termasuk salah satunya, bagaimana bila mencoba kemampuan Crossover dan Cedega.

Crossover
Crossover adalah piranti lunak proprietary (berbayar) yang berbasis kode Wine namun memiliki kelebihan. Konfigurasinya mudah dan beberapa modifikasi tertentu membuatnya lebih stabil dengan kompatibilitas yang terjaga baik. Dan jangan lupa bahwa dengan membelinya anda akan mendapat dukungan teknis penuh.

Crossover awalnya dikembangkan hanya untuk menjalankan aplikasi perkantoran dan beberapa aplikasi umum Windows. Respon yang baik akan produknya menjadikan Codeweavers, pengembang Crossover, tidak hanya menjual Crossover Office tetapi juga Crossover Games untuk platform Linux dan Mac.

Tanggal 28 Oktober 2008 lalu ratusan ribu orang “menjejali” situs Codeweavers untuk download gratis produk Crossover Linux/Mac/Games. Piranti lunak komersil mereka bebas di download sehari penuh karena tantangan “Lame Duck” Codeweavers sebelumnya yang ditujukan untuk presiden Amerika Serikat (Bush) berhasil dipenuhi dengan turunnya harga bahan bakar ke harga normal, sekitar $2.79/galon.

Bila anda sempat mendownload dan mendapatkan nomor registrasi (atau versi penuh tanpa nomor registrasi), anda bisa menginstalasinya dengan mudah di linux. Di Ubuntu linux, saya cukup menggunakan perintah berikut:

sudo ./install-crossover-pro-7.1.0.sh (Crossover Office)
atau
sudo ./install-crossover-games-7.1.2.sh (Crossover Games)

Setelah terinstalasi dengan baik, siapkan diri anda untuk melakukan tradisi instalasi program Windows “Next, next, finish” untuk program kesayangan anda. Cukup mudah bukan?

Cedega
Install game di CedegaCedega juga piranti lunak proprietary (berbayar) yang berdasarkan kode Wine, namun Cedega lebih fokus untuk keperluan gaming. Dukungannya terhadap game Windows yang populer lebih banyak dan lebih stabil dibandingkan Crossover Games. Anda bisa melihat daftar game yang didukung penuh di situs resminya http://www.transgaming.com. Kemampuan tambahan lainnya seperti dukungan Pixel Shader 2.0, Vertex Shader 2.0 dan pengenalan proteksi di CD game membuatnya disukai gamers. Tampilannya pun lebih mirip sebuah daftar, pilih game yang diinginkan lalu “Start”. Sangat user-friendly.

Instalasinya juga cukup mudah, pilih saja paket yang sesuai untuk anda. Misalnya .DEB untuk Debian/Ubuntu atau .RPM untuk Fedora/Mandriva. Ikuti dengan instalasi engine Cedega. Jika tahap ini selesai, instalasi piranti lunak game Windows sudah bisa dilakukan.

Tentu dengan Crossover atau Cedega bukan berarti semua piranti lunak game Windows dapat dijalankan dengan baik di linux. Luangkan sedikit waktu untuk melihat daftar game yang didukung dan tingkat kompatibilitasnya.

Sebagai dukungan dan balas jasa kepada project Wine yang kodenya sebagian besar diambil untuk pengembangan produk propietary, Codeweavers dan Cedega juga memberikan sedikit teknologi mereka untuk dikembangkan lagi di project Wine.

Nah sekarang permisi, saya harus segera beraksi mengejar ketinggalan saya di Need for Speed: Carbon


Tags:

• • •

7 Comments »

  1. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.0.10 on Ubuntu Linux Ubuntu Linux

    Jadi, crossover tuh berbayar gitu?? Atao gimana? Masih g mudeng..
    Mending make crossover ato wine klo gitu? Aku make wine, Photoshop, Macromedia Dreamweaver g bisa jalan e..

    Comment by mastanto — 06/06/2009 @ 11:28 am
  2. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.0.1 on Windows Windows XP

    Betul mas, Crossover itu produk komersil. Bisa dilihat di situs Codeweavers. Wine dikembangkan secara opensource dan gratis.

    Enakan sebenarnya pake Crossover mas, lebih gampang dan praktis. Pakai Wine terkadang musti ngubek2 forum untuk nyari settingan yang tepat.

    Comment by kamaruddin — 06/06/2009 @ 10:38 pm
  3. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.0.16 on Ubuntu Linux Ubuntu Linux

    hebat baru tahu klo ada ada emulator buat game windows

    Comment by jual kaos murah — 26/12/2009 @ 10:51 pm
  4. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.6 on Linux Linux

    wah jadi kpengen nyobain :D

    Comment by codiel999 — 29/01/2010 @ 2:00 pm
  5. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.6.6 on Linux Linux

    kirain gratis …..

    Comment by aaaa — 25/09/2011 @ 1:44 pm
  6. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 12.0 on Windows Windows XP

    Ga jadi pindah deh

    Comment by max — 12/07/2012 @ 11:22 pm
  7. Using Google Chrome Google Chrome 22.0.1229.94 on Windows Windows XP

    gak ada yang gratis yaa?

    Comment by Rizky — 16/10/2012 @ 9:02 am

Comments RSSTrackBack URI

Leave a comment

Using modified "Sitepoint-like" Theme. kamaruddin [-at-] gmail *dot* com