Medanese IT Geek, movie lover and (mostly) law-abiding citizen. Dreaming of cheap and easy access to ICT, healthcare and education in Indonesia.

Search:


25 November 2008

Web Video Downloader, Download Video Tanpa Instalasi Program

Category: Indonesian,IT in General — kamaruddin @ 5:10 pm

Pertumbuhan perpustakaan video internet semakin berkembang dan ramai. Semua orang ingin menjadi bagian darinya. Ambisi menjadi selebritis sehari dunia maya atau cuma belajar membuat kue yang benar. Semua ini mendorong menjamurnya situs penyedia video online (online video hosting) yang digagasi Youtube.

Kekurangannya kita hanya bisa melihat video secara online tanpa bisa menyimpannya dan melihatnya di lain waktu. Masalah baru jika ingin menyimpan video yang kita inginkan ke perangkat genggam seperti ponsel atau iPod. Masalah memang terselesaikan dengan memasang program khusus. Tetapi tidak semua orang ingin repot memasang program hanya untuk mendownload sebuah video dan memasang program lain untuk mengkonversinya ke format yang diinginkan. Bagaimana jika anda di warnet atau di komputer lain yang bukan milik anda? Nah, di sinilah layanan web video downloader menjadi solusi. Masukkan URL (alamat) video, pilih format video, dan simpan. Ya, semudah itu! Tidak diperlukan program apapun. Dan yang terpenting, gratis!

Berikut adalah daftar web video downloader:

1. ClipNabber (http://www.clipnabber.com)
Pendatang baru yang cukup menjanjikan. ClipNabber mendukung hampir semua penyedia video online (video hosting provider) yang ada di internet. Tidak perlu lagi bingung untuk mendownload video yang dihosting di situs kurang terkenal. Tidak ada fasilitas konversi.

2. ConvertMyTube (http://www.convertmytube.com)
Situs yang mendedikasikan dirinya untuk download video Youtube. Terdapat fasilitas konversi yang cukup lengkap seperti AVI, MP4, 3GP, MP3, WMV bahkan WAV.

3. ConvertTube (http://www.converttube.com)
Desain situs yang sederhana namun menarik. ConvertTube mendukung konversi video ke format MPG, MOV, 3GP, MP3, MP4.

4. Download Videos (http://download.uzeik.net/eng.php)
Walaupun kurang ramai dikunjungi tetapi cukup banyak penyedia video online besar yang sudah didukungnya. Jadi jangan ragu “menangkap” video dari Google Video, Youtube, iFilm bahkan MySpace sekalipun di situs ini.

5. Download Youtube Videos (http://www.downloadyoutubevideos.com)
Sesuai namanya, hanya mendukung video dari Youtube. Tidak ada fasilitas konversi.

6. DownThisVideo (http://downthisvideo.com)
Hanya mendukung GoogleVideo, Youtube dan Vimeo. Walaupun tidak ada fasilitas konversi tapi situs ini cukup unik karena menyediakan tag video yang memudahkan pengguna mencari video sesuai keinginan.

7. Extract Video (http://www.extractvideo.com)
Desain situs yang rapi namun terganggu oleh banner iklan yang cukup besar. Mendukung Youtube, GoogleVideo, Break. ExtractVideo memperlihatkan daftar video baru, yang sering di download, dan video acak yang bisa menuntun anda mendownload video yang mungkin sempat terlewatkan. Tidak ada fasilitas konversi

8. File2HD (http://www.file2hd.com)
Situs yang berslogan “Download any file from any site” ini memang serius dalam ucapannya. Anda bisa mendownload hampir semua (ya, semua) objek yang bisa didownload di situs apapun seperti gambar, animasi/game flash, aplikasi, audio, video bahkan CSS style-sheet sekalipun! File2HD bisa dengan pintar memilahnya berdasarkan kategori. Untuk download video anda hanya perlu memasukkan URL video yang akan didownload kemudian pilih “Movies” dan centang “I have read and agree…”. Link video untuk download akan muncul sesudahnya.

9. Flash Video Downloader (http://www.flashvideodownloader.org)
Mampu membantu download video dari situs video terkemuka dan download game berbasis flash. Situs ini masih berfungsi baik walaupun terlihat “ditelantarkan”.

10. Grab Me In (http://www.grabme.in)
Selain mendownload video dari penyedia video besar, Grab Me In juga mendukung beberapa pemain baru yang cukup terkenal seperti Blip.tv, Eyespot, Veah, ZippyVideos, Spike dll.

11. I Like Youtube (http://download.ilikeyoutube.com)
Situs minimalis ini tidak hanya bisa mendownload dari Youtube tapi juga video Blip.tv, Dailymotion, Break dan Myspace.

12. KcoolOnline (http://www.kcoolonline.com)
Seperti menyaingi ClipNabber, KcoolOnline mendukung sampai 226 penyedia video online! Sayangnya situs hanya berfungsi mendownload video tidak ada fasilitas konversi.

13. Keepvid (http://www.keepvid.com)
Ini dia situs paling ramai dikunjungi menyangkut soal download video. Kelebihannya pengguna bisa memilih untuk mendownload video dengan resolusi rendah (.FLV) atau tinggi (.MP4). Resolusi tinggi MP4 mencapai 480×360 suara stereo dibandingkan FLV standar yang hanya 320×240 suara mono. Tidak ada konversi yang ditawarkan.

14. Kiss You Tube (http://www.kissyoutube.com)
Salah satu jasa layanan bantuan download video yang cukup unik. Cukup tambahkan “kiss” pada URL video Youtube. Jika URL videonya adalah http://www.youtube.com/watch?v=abc123 maka jadikan URLnya http://www.kissyoutube.com/watch?v=abc123 lalu klik link yang tersedia. Sayangnya tidak ada pilihan download resolusi tinggi.

15. LeechVideo (http://download.leechvideo.com)
Menyediakan download video untuk penyedia video online besar seperti Youtube, Metacafe, Dailymotion, GoogleVideo dll. Tidak ada fasilitas konversi.

16. Media Converter (http://www.mediaconverter.org)
Situs ini sebenarnya berfungsi mengkonversi berbagai jenis file ke format yang dikehendaki namun salah satu kemampuannya juga mendukung download video dari berbagai penyedia video online. Bahkan anda bisa mengkonversi video koleksi anda sendiri dengan cara menguploadnya langsung dan membiarkan Media Converter mengerjakan tugasnya.

17. MetaTuber (http://www.metatuber.com)
Walaupun hanya mendukung video Youtube tapi situs ini mampu mencari video yang diinginkan dengan memasukkan kata kunci.

18. Motion Download (http://www.motiondownload.com)
Hanya ada sebuah kotak isian yang menunggu untuk diisi URL video di situsnya, sederhan dan rapi. Mendukung penyedia video online besar. Karena tidak begitu ramai situs ini cukup responsif. Tidak ada fasilitas konversi dan download video dalam resolusi tinggi.

19. SaveVid (http://www.savevid.com)
Selain mendukung download video untuk penyedia video online besar, SaveVid juga membantu mendownload di WeGame, GodTube, 5min, RuTube, Expert Village. Khusus video Youtube, pengguna ditawarkan 3 pilihan format yakni FLV, HQ FLV atau MP4.

20. TubeZoid (http://www.tubezoid.com)
TubeZoid mungkin pemain baru di bidang ini tapi kemudahan yang ditawarkan cukup membantu. Bila anda ingin mendownload video dari Youtube, cukup ganti youtube.com dengan tubezoid.com dan video langsung akan didownload ke komputer. Cukup banyak penyedia video online yang didukung. Sayang tidak ada fasilitas konversi langsung.

21. VideoDL (http://www.videodl.com)
VideoDL hanya mendukung 3 penyedia video, Youtube, Google Video dan Break.

22. VideoDownloader (http://javimoya.com/blog/youtube_en.php)
Situs ini dikenal luas karena pengelola situs merilis extension pertama bantuan download video untuk browser Firefox, Video Downloader. Merupakan salah satu situs web video downloader sepuh yang masih beroperasi. Mendukung sampai 56 penyedia video online. Tidak ada pilihan konversi yang diberikan.

23. Vixy (http://www.vixy.net)
Sederhana, tapi jangan meremehkannya. Vixy mampu mengkonversi video Youtube atau video lain dalam bentuk .FLV ke format yang sesuai untuk iPod, PSP, ponsel atau komputer anda. Format yang didukung adalah MP3, MP4, 3GP, AVI, MOV.

24. YoutubeMP4 (http://www.youtubemp4.com)
Situs Jepang ini menawarkan kemudahaan seperti KissYoutube dan Tubezoid. Gantikan Youtube.com dengan Youtubemp4.com pada URL video dan download video dalam format MP4. Tidak ada fasilitas konversi karena video langsung di download dalam resolusi tertinggi yang disediakan Youtube (tergantung video)

25. Zamzar (http://www.zamzar.com)
Situs ini sebenarnya dibuat untuk bantuan konversi bermacam-macam file namun terdapat fasilitas untuk download video dari penyedia video dan langsung mengkonversinya. Cukup masukan URL dan e-mail untuk dikirimi alamat download. Situs ini cukup ramai jadi bersabarlah menanti “pesanan” anda tersedia.

Tentu tidak semua situs dimuat di tulisan ini. Beberapa web video downloader lainnya seperti ViLoader (http://www.viloader.net) mengalami gangguan saat dicoba, VideoDownloadX (http://www.videodownloadx.com) yang dulunya berjaya terlihat sudah ditelantarkan. Beberapa situs lainnya hanya coba-coba, ikut-ikutan dengan “mengcloning” situs lain untuk kemudian menghilang.


Update:

26. Keep Tube (http://keep-tube.com)
Keep Tube adalah bintang baru di web video downloader. Dukungannya terhadap penyedia video online sangat banyak (bahkan sampai penyedia video online khusus dewasa). Anda bisa melihat perbandingannya dengan situs sejenis lainnya. Keep Tube mempunyai 5 cara berbeda untuk download video. Dari bookmarklet via Javascript, plugin Firefox, sampai copy-paste URL. Bukan itu saja, Keep Tube juga menyediakan berbagai format download yang bisa dipilih. Salah satu yang terbaik untuk saat ini.


Tags:

• • •

9 Comments »

  1. Using Internet Explorer Internet Explorer 7.0 on Windows Windows XP

    singgah bertandang
    di tempat ku ada kopi sidikalang dan bika ambon bermain kata
    singgahlah
    salam bloggersumut

    Comment by timur matahari — 27 November 2008 @ 3:29 am
  2. Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

    thank u master…

    Comment by tonggo — 27 November 2008 @ 2:26 pm
  3. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.0.4 on Windows Windows XP

    Kalo pake orbit downloader, tinggal klik panah di atas videonya (auto detect), terus download masuk harddisk.. integrated ama FF lagi.. the best download manager.. and FREE!

    Comment by leo — 30 November 2008 @ 11:27 pm
  4. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.0.1 on Windows Windows XP

    @leo:

    Nah itu dia masalahnya om, musti diinstall. Ada yang gak mo ngotori komputernya hanya karena mo download video (kaya saya hehehe). Abis itu konversi lagi, nginstall lagi. Repot om…

    Gimana kalo ada yang di kantor, pake IE terus direstrict gak bisa nginstall atau di warnet. Jangan sampe “download video” Youtube pake kamera hp yang ditripod tangan. (really happens)

    Thanks for dropping by.

    PS: Baru tahu Orbit bisa gitu, di rumah pake FDM tapi sekarang udah jarang pake :)

    Comment by kamaruddin — 1 December 2008 @ 9:15 am
  5. Using Safari Safari 528.7 on Windows Windows XP

    Thanks atas infonya yah. Bener-bener lengkap

    Comment by Dagadu — 21 January 2009 @ 11:25 am
  6. Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

    siapa aja orangnya yang tulis blog ini.memang….i lov you pull heheheh.thank ya

    Comment by david — 21 August 2009 @ 4:08 pm
  7. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.5.3 on Windows Windows XP

    wah terimah kasih atas informasinya hal ini sangat membantu saya, sebelumnya saya ingin sekali mendownload vidio youtube agar bisa masuk ke dalam hp

    Comment by kamal — 17 December 2009 @ 8:22 pm
  8. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.6 on Windows Windows XP

    benar-benar good…I like it!!!!
    thanks buat yang buat,hehehe

    Comment by @rizal — 25 January 2011 @ 9:46 pm
  9. Using Netscape Navigator Netscape Navigator 5.0

    klo pke ps vita gmn tuan..?thnkz bfore

    Comment by yohanes — 8 February 2013 @ 3:23 pm

Comments RSSTrackBack URI

Leave a comment

Using modified "Sitepoint-like" Theme. kamaruddin [-at-] gmail *dot* com