Medanese IT Geek, movie lover and (mostly) law-abiding citizen. Dreaming of cheap and easy access to ICT, healthcare and education in Indonesia.

Search:


3 November 2007

Ubuntu Gutsy Gibbon: Lebih Mudah, Cantik dan Aman

Category: Indonesian,Ubuntu — kamaruddin @ 12:54 pm

Jika anda baru berkenalan dengan Linux, cobalah Ubuntu yang menawarkan kemudahan lebih bagi pengguna dengan keamanan dan fleksibilitas khas Linux. Gutsy Gibbon diklaim merupakan Ubuntu linux termudah yang pernah dirilis.

Gutsy Gibbon (v7.10) adalah rilis terbaru dari Ubuntu linux. Pemilihan nama “Gibbon” didasarkan pada kekuatan, kelincahan dan kepintaran binatang Gibbon (sejenis kera tropis). Apakah benar Gutsy Gibbon seperti itu? Ayo kita lihat!

Compiz Fusion by Default
Yes! Compiz Fusion sudah dipaketkan secara default di Gutsy. Compiz Fusion adalah Window Manager 3D di linux dengan berbagai animasi dan kegunaan. “Rotate Cube” membuat desktop anda menjadi kubus 3D yang bisa diputar-putar. “Expo” yang bisa menjejerkan desktop anda dengan efek mirroring khas Apple. Animasi yang memanjakan mata anda seperti “Wobbly Window”, “Water”. Beberapa kegunaan untuk menunjang produtivitas seperti “Enhanced Zoom”, “Desktop Wall”, “Group and Tab Windows” dan “Scale” yang mengecilkan semua jendela program yang terbuka untuk ditampilkan sekaligus di desktop. Percayalah, semua ini tidak bisa diceritakan… Anda harus melihatnya sendiri.

Untuk memegang penuh kendali setting Compiz Fusion, anda harus menginstall sebuah paket tambahan “Compizconfig-settings-manager” melalui Synaptic atau Apt-Get via terminal. Menu baru “Advanced Desktop Effects Settings” akan muncul di System-Preference. Di sini semua efek dan animasi secara detil tersedia dan bisa diatur sesuai selera.

Lebih Pintar
Sewaktu browsing situs yang menggunakan Flash dan tidak bisa melihatnya dengan sempurna, Gutsy dengan pintar akan menawarkan bantuan untuk mencari “missing component”. Anda akan dihadapkan kepada pilihan “Install Adobe Flash” (propietary) atau “Install Gnash” (flash player dengan lisensi GNU yang bisa memainkan .SWF dan .FLV). Setelah itu komponen tersebut akan diinstall di komputer. Semuanya dilakukan secara otomatis di background, anda tidak direpotkan sama sekali dalam menginstall/melakukan setting. Firefox juga memiliki tambahan baru, Ubufox, sebuah plugin yang menangani extension Firefox yang ada dan diurutkan menurut popularitas pemakaian. Tentu anda tidak perlu bingung lagi mencari/memilih extension yang tepat.

Pencarian Codec di Repo UniverseKetika memainkan format video/audio propietary seperti WMV atau MP3. Gutsy akan menawarkan anda mendownload Codec. Sama seperti di atas, proses pencarian, download dan setup dilakukan otomatis, praktis tanpa campur tangan pemakai. Setelah semuanya siap, video/audio anda langsung main tanpa restart. Hanya menghidupkannya printer langsung berfungsi, Gutsy akan mendeteksinya dan memasang driver yang sesuai. Jika terdapat alat yang tidak berfungsi karena driver built-in tidak ada (softmodem misalnya), Gutsy akan mencoba mencarinya di internet.

Sayangnya proses pencarian dan download aplikasi memerlukan sambungan internet. Tapi jangan khawatir, bagi yang tidak memiliki saluran internet, bisa memesan DVD Repository Ubuntu sebanyak 5 keping di Ubuntu Indonesia di http://www.ubuntu-id.org untuk membuat local repository.

Modus Tulis di NTFS-3G
NTFS-3G sebelumnya di Feisty Fawn (v7.04) hanya mendukung modus baca. Di Gutsy, modus baca/tulis sudah bisa dilakukan. Partisi NTFS yang ditemukan juga langsung di mount. Tentu sangat membantu untuk berbagi file di lingkungan Windows.

Baru, Aman dan Lebih Produktif
Beberapa software baru dipaketkan di dalam Gutsy seperti GIMP v2.4, OpenOffice 2.3 (sekarang bisa mengekspor ke format Mediawiki), Desktop Search (mengindex isi komputer anda untuk pencarian file), X Graphical Configuration (tidak perlu lagi melakukan setting manual lewat xorg.conf), AppArmor Security Framework (fasilitas kemananan built-in untuk membatasi aplikasi hanya boleh bekerja pada lingkungan yang dijatahkan, hal ini untuk mencegah exploitasi pada level aplikasi)

Dukungan LTSP (Linux Terminal Server Project) juga lebih baik dan cepat. Data yang dikirimkan via jaringan akan dikompresi terlebih dahulu. Gutsy memakai kernel terbaru v2.6.22 yang lebih efisien dalam pemakaian daya sehinnga notebook akan bertahan lebih lama dan suhu pengoperasian lebih rendah. Dengan Dynamic Monitor Detection maka tampilan di multi-monitor juga didukung, 1 aplikasi 1 monitor? Tidak masalah.

Deteksi Batere RusakPemakaian GNOME v2.2 memberikan fitur lebih baik dari sebelumnya. Image viewer yang lebih cepat, bisa melihat metadata/EXIF Info dan merotasi gambar menjadi vertikal sesuai dengan metadata di dalam gambar tersebut. Gnome Editor sudah mampu “mewarnai” kode program sehingga lebih mudah dibaca. Gnome Screensaver bisa menampung pesan ketika komputer anda terkunci sewaktu tidak berada di tempat, ketika anda kembali anda bisa membaca pesan rekan kerja anda. Khusus untuk System Administrator, anda bisa sedikit lega dengan fitur “Lockdown and User Profile Editor”. Gnome juga bisa memprediksi batere notebook yang sudah uzur/rusak. Semua ini sangat menunjang produktifitas berkomputer.

Untuk mencobanya, seperti biasa, anda bisa meminta CD gratis di http://shipit.ubuntu.com. Bagi yang ingin mengupgrade dari Feisty silahkan download versi “Alternate” di local mirror atau langsung mengupgrade dari internet via Update Manager.


Referensi:
www.ubuntu.com
www.gnome.org

http://wiki.ubuntu-id.org/SourcesListLokal


• • •

7 Comments »

  1. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.6 on Ubuntu Linux Ubuntu Linux

    yoi banget….gutsy emang top markotop

    Comment by feha — 3 November 2007 @ 4:54 pm
  2. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.5 on Windows Windows XP

    Thanks atas komentarnya, feha.

    Memang terasa sekali kemudahannya. Cuma untuk proses upgrading dari feisty ke gutsy agak sedikit repot. Tapi yah ndak apa-apa yang penting saya bisa handle dan support di ubuntuforum juga ramah-ramah semua. ABis saya belum pernah kena flame walaupun ada pertanyaan “bodoh” :D

    Comment by kamaruddin — 5 November 2007 @ 4:42 pm
  3. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.7 on Windows Windows XP

    aku udah install gutsy tapi compiz-nya kok gak jalan?(vga ati mobility radeon).

    Comment by hint2 — 17 November 2007 @ 7:00 am
  4. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.5 on Windows Windows XP

    @hint2:

    Saya belum ada pengalaman dengan ATI, tapi apakah sudah coba menginstall driver restricted di Gutsy?

    Kalo masih mentok coba di sini:
    http://www.ubuntux.org/enabling-compiz-fusion-on-an-ubuntu-7-10-desktop-ati-mobility-radeon-9200

    Semoga gak kapok pake Gutsy :D

    Comment by kamaruddin — 21 November 2007 @ 2:03 pm
  5. Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

    beberapa hari setelah Gutsy di-release, ATI juga me-release driver baru yang mendukung x1300/x1550.

    Comment by gethuk — 30 November 2007 @ 7:12 pm
  6. Using Opera Opera 9.24 on Windows Windows XP

    askm…top markotop ya

    Comment by mocy — 16 December 2008 @ 2:43 pm
  7. Using Internet Explorer Internet Explorer 8.0 on Windows Windows 7

    Thanks for taking the top out to write this very nice post

    Comment by lubin — 20 November 2010 @ 9:07 pm

Comments RSSTrackBack URI

Leave a comment

Using modified "Sitepoint-like" Theme. kamaruddin [-at-] gmail *dot* com