Medanese IT Geek, movie lover and (mostly) law-abiding citizen. Dreaming of cheap and easy access to ICT, healthcare and education in Indonesia.

Search:


9 February 2007

iPhone: Revolusi Baru di Dunia Ponsel

Category: Indonesian — kamaruddin @ 3:36 pm

iPhone: Apple’s revolutionary phoneApa yang ada di benak anda jika terdengar kata Apple? Macintosh atau Ipod? Nah bagaimana jadinya jika iPod, ponsel dan internet dilebur jadi satu?

Bukan Apple namanya jika tidak mengeluarkan produk yang revolusioner. Begitu juga dengan iPhone. Rahasia pengembangan dan desainnya dikabarkan dirahasiakan selama 2 tahun. Pada 9 Januari 2007, Steve Jobs memperkenalkan “mainan baru” sekaligus jajahan baru Apple di bidang ponsel setelah berjaya dalam komputer dan pemutar musik portabel.

Navigasi Jari Tangan
iPhone menuDengan layar 3.5 inci, desain sederhana tapi elegan, kesan pertama yang didapat ketika melihat iPhone adalah mana keypadnya? Kejutan! Hanya ada 1 tombol di iPhone, tombol “Home”. iPhone menggunakan layar sentuh dan teknologi Apple yang disebut multitouch. Menyentuh nomor untuk membuat panggilan, membuka album foto, mendengarkan lagu, zooming foto, browsing internet bahkan membuka keylock iPhone dengan menggesernya lewat jari anda. Semua interaktifitas berbentuk icon besar pada touchscreen. Multitouch cukup pintar dalam mendeteksi gerakan jari anda, bahkan beberapa jari sekaligus (ingin seperti Tom Cruise dalam Minority Report?) dan teknologi ini telah dipatenkan Apple. Semuanya hanya tunjuk, geser, sentuh. Lalu bagaimana dengan SMS? Layar akan menampilkan “keyboard” QWERTY lengkap dengan predictive input.

OS X dalam kantong
Smartphone yang ada di pasaran sekarang ini biasanya menggunakan sistem operasi mini dengan aplikasi mini. iPhone menjalankan OS X, sistem operasi desktop di Mac. Anda bisa menjalankan aplikasi desktop dalam peralatan genggam anda! Bayangkan mengantongi Mac di kantong anda! Hebatnya lagi multitasking, networking, keamanan, power management semuanya berfungsi.

Accelerometer in iPhoneSensor canggih
Terdapat 3 sensor dalam iPhone: Proximity sensor, Light sensor, dan Accelerometer. Proximity sensor bekerja ketika anda mendekatkan iPhone ke telinga maka tampilan dan layar sentuh akan mati seketika sehingga tidak ada kasus anda “menulis” SMS dengan telinga. Light sensor akan mendeteksi kadar cahaya yang ada sehingga menyesuaikan diri dengan brightness di layar untuk menghemat daya dan kesehatan mata. Posisikan iPhone anda secara horizontal dan foto yang anda lihat akan tampil landscape, tegakkan dan foto tersebut tampil portrait. Inilah teknologi Apple yang disebut Accelerometer. Apple memang gila!

Multimedia dalam ponsel
Touch Your MusicSebuah iPod Video dalam ponsel anda dengan layar besar 3.5 inci dan memilih lagu melalui daftar lagu/album yang ditampilkan dengan jari tentu terlihat gaya. Posisikan horizontal dan iPhone menampilkan “Coverflow”, pilih album yang anda inginkan dengan tunjuk, geser dan sentuh! Ini yang disebut Apple sebagai “Touch Your Music”. Menonton video widescreen lewat iPhone juga merupakan kenikmatan tersendiri. Sebuah lubang jack tersedia bila anda tidak ingin diganggu sewaktu mendengarkan musik atau video dan sebuah iPod connector untuk sinkronisasi. Pengaturan galeri foto koleksi juga sama gampangnya, pilih foto dari thumbnail galeri yang tersedia dan perbesar/perkecil dengan gerakan jari anda. Sebagai gambaran, gerakan menjepit jempol dan telunjuk anda akan memperkecil gambar.

Googlemap with Safari in iPhoneInternet dalam genggaman
Aplikasi internet kelas desktop akan dimuat dalam iPhone. Pengguna akan menggunakan browser terkenal Mac, Safari. Hasil yang ditampilkan adalah halaman penuh (bukan WAP) dengan resolusi yang cukup tajam dan hebatnya bisa browsing beberapa alamat sekaligus seperti multi tab di browser modern sekarang. Terintegrasi dengan Google Maps pengguna bisa mencari rute alternatif dan melihat peta jalan bahkan foto satelit daerah tertentu di dunia. Mail client dengan address autocomplete yang mendukung POP3 dan IMAP. Widgets (cuaca atau lainnya) yang mengkoneksikan diri ke internet untuk informasi melalui WiFi dan EDGE.

Pengaturan Panggilan
Keypad in iPhonePilih orang yang anda ingin telpon melalui Contacts dan daftar telpon akan muncul dengan index hurufnya. Jika tiba-tiba panggilan masuk anda juga bisa “Merge Call” sehingga bisa melakukan “Conference Call”. Bagaimana jika anda sedang mendengarkan musik ketika panggilan masuk? Musik akan pelan-pelan menghilang dan pada saat yang bersamaan sambil menjawab telepon lewat speakerphone anda bisa mengirimkan file atau foto via internet dan ketika anda selesai dengan semua itu , “End call” dan musik muncul kembali tanpa pause, tanpa harus menekan apapun. Hebat!

Kekurangan iPhone seperti belum 3G, tidak ada slot memory external, batere yang tidak bisa dicopot, tidak ada dukungan terhadap Exchange dan Office dan harganya yang tinggi masih mengganjal. Kasus perselisihan trademark dengan Cisco perihal merek “iPhone” juga belum selesai tetapi kedua belah pihak dengan bijaksana memilih jalan kekeluargaan.

Oh ya, jangan lagi menyebut perusahaan Steve “Apple Computer”, mereka sudah berubah menjadi “Apple Inc”. Kita tunggu kelanjutannya Juni ini!

Spesifikasi:
iPhone Spesifications Layar: 3.5 inci
Resolusi: 320×480 160ppi (pixels per inch)
Input: Multi-touch
Sistem Operasi: OS X
Penyimpanan: 4 GB atau 8 GB
GSM: 850/900/1800/1900 MHz
Wireless: WiFi (802.11b/g)+EDGE+Bluetooth 2.0
Kamera: 2 Megapixel
Batere: 5 jam bicara/video/browsing atau 16 jam musik
Dimensi: 115 x 61 x 11.6mm
Berat: 135 grams
Harga: $499 (4GB) $599 (8GB)
Peluncuran: Juni 2007 (Eropa) 2008 (Asia)

Referensi:

http://www.apple.com/iphone

http://en.wikipedia.org/wiki/Iphone


• • •

1 Comment »

  1. Using Safari Safari 413 on SymbianOS SymbianOS 9.2

    iphone???
    Mau doong!!!
    Sumpah,,keren bnget ni hp. Tp sayang ga ada office:’-(

    Comment by Yasin.A — 9 June 2008 @ 2:37 pm

Comments RSSTrackBack URI

Leave a comment

Using modified "Sitepoint-like" Theme. kamaruddin [-at-] gmail *dot* com