Medanese IT Geek, movie lover and (mostly) law-abiding citizen. Dreaming of cheap and easy access to ICT, healthcare and education in Indonesia.

Search:


10/11/2006

Firefox 2: Penantian telah Berakhir!

Category: Indonesian — kamaruddin @ 10:02 am

Firefox 2: Faster, safer, better!Browser Opensource yang bernaung dalam Mozilla ini memang lebih cepat, lebih aman dan lebih baik daripada Internet Explorer. Dengan diluncurkannya Firefox 2, apa saja yang ditawarkannya? Mari kita intip!

Browser yang mencuri pangsa sekitar 12% browser internet dunia ini meluncurkan versi terbarunya tanggal 24 Oktober silam untuk menanggapi peluncuran Internet Explorer 7 dari Microsoft tanggal 18 Oktober 2006. Setelah berada dalam kondisi Beta dan Release Candidate yang cukup lama (sampai RC3) akhirnya berakhir juga penantian para penggemar dan pengguna setia Firefox.

Firefox 2 masih menggunakan engine lama dari Firefox 1.5 yang sudah teruji kemampuan dan keamanannya. Beberapa fitur baru unggulan yang ditambahkan dalam versi terbaru ini adalah Antiphising, Session Restore, Live Title, Spell Checking dan Search Suggestion. Pengembangan Firefox 2 terjadi pada Tab browsing, perbaikan memory management, kecepatan rendering, dukungan lebih baik terhadap teknologi web terbaru seperti Javascript 1.7 dan RSS.

Antiphising
Antiphising adalah teknologi pengamanan terbaru yang diintegrasikan ke dalam Firefox 2. Phising adalah kegiatan untuk memancing anda memberikan informasi pribadi keuangan anda (“phising” plesetan dari kata “fishing”). Firefox 2 bisa mendeteksi situs palsu dan mencurigakan yang berpenampilan sama dengan situs asli. Firefox 2 akan memberikan peringatan akan hal tersebut.

Session Restore
Anda sedang browsing internet dengan Firefox 2. Memeriksa 3 account e-mail, membaca berita dan membuka situs lain sebanyak 12 tabs. Tiba-tiba browser anda crash! Situs-situs baru temuan anda barusan belum sempat di bookmark dan andapun jengkel karena harus login lagi. Tenang… dengan Firefox 2 dan Session restore-nya mimpi buruk andapun teratasi. Session restore akan menyimpan session anda selama berinternet. Bila terjadi crash maka Firefox akan memunculkan lagi semua tab yang terbuka sebelum terjadi crash.

Live Title
Fitur ini masih tergolong baru dan penggunaanya belum terasa penting. Live Title adalah bookmark situs yang unik karena judul atau title dari situs web yang di bookmark akan secara dinamis mengikuti title situs yang bersangkutan. Sebagai contoh jika anda melakukan bookmark pada situs berita dan jika title dari situs berita tersebut berubah maka di bookmark anda judul situsnya juga berubah.

Spell Checking
Melakukan pemeriksaan terhadap kesalahan penulisan terutama dalam mengisi formulir online. Masih dalam bahasa Inggris.

Search Suggestion
Ketikkan “Firefo”dalam kotak pencarian dan Firefox 2 akan menyarankan “Firefox”,”Firefox download”, “Firefox themes” dsb. Sama seperti fitur yang ditawarkan oleh search engine terkemuka (Google Suggest) juga hampir sama dengan “Autocomplete” di pengolah kata. Fitur yang cukup baik mengingat seringnya pengguna melakukan searching.

Disamping fitur terbaru di atas masih terdapat pengembangan beberapa fitur yang sudah di Firefox sebelumnya. Hal ini untuk membuat pengguna semakin nyaman dan lengket dengan browser ini.

Tampilan berkilau
Tampilan lebih berkilau di Firefox 2!User Interface standar Firefox 2 semakin cantik. Toolbar dan tabs tampil berkilau seperti kaca. Jika masih belum puas anda bisa mencari theme yang banyak sekali di situs Firefox. (https://addons.mozilla.org/firefox/themes/)

Tab Browsing yang lebih nyaman
Banyak orang kecanduan dengan tab browsing sejak Firefox perdana, walaupun Opera-lah yang pertama kali mengimplementasikannya. Di Firefox 2, kemampuan tab browsing makin berkembang dengan daftar pulldown tab yang sedang dibuka, bisa membuka kembali tab yang tertutup secara tidak sengaja (Ctrl-Shift-T), tiap tab memiliki tombol close (mencontek dari Opera) dan default untuk membuka link di tab baru.

RSS yang lebih baik
RSS membuka paradigma baru orang mengakses web. Daripada membuka setiap situs lebih baik membaca via RSS baru mengakses halaman yang disukai. Di Firefox 2 RSS bisa dimasukkan ke dalam “Live Bookmark” standar Firefox atau langsung dimasukkan ke dalam layanan web seperti My Yahoo!, Google Reader, Bloglines atau situs layanan lainnya. Bahkan bisa ke dalam program aplikasi RSS Reader favorit anda hanya melalui klik mouse.

Dukungan Javascript 1.7
Javascript adalah salah satu bahasa pemrograman script yang paling banyak digunakan. Javascript versi terbaru ini semakin memantapkan posisinya sebagai standar client-side scripting di internet.

Walaupun dengan segenap kelebihan di atas, Firefox 2 memiliki sedikit masalah di extension. Extension yang anda pakai di Firefox 1.5 sebagian besar tidak akan bisa dipakai di Firefox 2. Firefox 2 juga masih belum mendukung penuh standar W3C (World Wide Web Consortium) dan gagal dalam Acid2 Test http://www.webstandards.org/action/acid2/guide. Hanya Opera satu-satunya browser yang melewati standar test tersebut.

Firefox 2 tersedia di berbagai platform (Windows, Linux dan Mac), Gratis dan Opensource, Ukuran kurang dari 6 MB. Extensionnya banyak. Dukungan komunitas yang sangat luas. Tidak perlu mematikan Antivirus sewaktu menginstall dan reboot sesudahnya, Tidak perlu Windows XP SP2 sebagai syarat minimal instal dan yang paling penting tidak perlu menghubungi server Microsoft untuk melakukan validasi legalitas Windows anda sebelum instal. Perlu lagi alasan lain untuk mencoba Firefox 2?


• • •

No Comments »

No comments yet.

Comments RSSTrackBack URI

Leave a comment

Using modified "Sitepoint-like" Theme. kamaruddin [-at-] gmail *dot* com