Medanese IT Geek, movie lover and (mostly) law-abiding citizen. Dreaming of cheap and easy access to ICT, healthcare and education in Indonesia.

Search:


20/10/2006

10 Freeware dan Opensource software yang harus anda miliki

Category: Indonesian — kamaruddin @ 11:46 pm

Tepis anggapan bahwa Freeware dan Open Source Software (OSS) adalah sampah. Cobalah dan anda akan menganggukkan kepala, salut kepada para pengembang software yang telah bersusah payah membuat dan memberikannya kepada kita tanpa bayaran sepersenpun!

Artikel ini mengajak anda mencoba 10 aplikasi gratis yang setara dengan aplikasi komersial. Untuk apa membajak jika yang gratis sama baiknya? Mari kita dukung gerakan anti pembajakan software. Happy Computing!

  1. Firefoxwww.mozilla.com/firefox
    Siapa yang tidak kenal dengan Mozilla Firefox? Browser opensource yang mencuri sekitar 20% pangsa browser yang dipakai pengguna internet. Firefox jauh lebih aman dan nyaman. Tab browsing, dukungan yang baik terhadap teknologi web (CSS dan Javascript), Popup blocker, perluasan dengan extension, RSS feed dan sejumlah keunggulan lainnya. Firefox terbaru, Firefox 2.0 (masih dalam tahap RC2) bahkan sudah dilengkapi dengan antiphising. Microsoft yang sangat ketinggalan dengan teknologi web baru-baru ini (19/10/06) meluncurkan IE7 dan mengadopsi beberapa keunggulan ini.
  2. Copernic Desktop Searchwww.copernic.com
    Pernahkah anda merasakan betapa susahnya menggunakan fasilitas “Find” dari Windows dan mendapatkan pesan “File not Found” selalu muncul walaupun anda yakin bahwa file tersebut ada? Perkenalkan Copernic Desktop Search! CDS akan mengindex setiap file di komputer anda, baik itu file dokumen, gambar, e-mail, video dan music. Hasil pencariannya juga sangat baik. Dilengkapi dengan kolom preview dan text highlight sehingga anda bisa melihat isi file yang sangat membantu dalam proses pencarian. Indexing juga bisa dilakukan di network share. Bila freeware sejenis lainnya hanya dapat digunakan di Windows 2000 ke atas maka CDS dapat dijalankan di Windows 9x.
  3. Irfanviewwww.irfanview.com
    Salah satu freeware image viewer yang paling terkenal adalah Irfanview. Irfanview sangat ringan. Hanya ~800KB untuk program dasar dan ~3MB untuk plugins. Tidak hanya bisa melihat gambar dengan berbagai macam format, Irfanview juga bisa melakukan sedikit manipulasi gambar, antara lain resizing, mengatur kontras gambar, konversi file masal (batch conversion), membuat slideshow, mengisi “file info” pada file gambar, membuat katalog gambar untuk presentasi di web dan lain-lain. Program komersial terkenal sejenis berukuran ~40 MB.
  4. Antivirwww.free-av.com
    Avira AntivirFreeware Antivirus buatan Jerman dengan logo payung ini bukan hanya terkenal di tanah kelahirannya tapi juga di dunia. Antivir akan menjaga komputer anda dari serangan virus/adware/worm. Rasio deteksinya juga sangat tinggi ditambah dengan konsumsi resource komputer yang relatif kecil. Kelemahannya adalah harus sering online untuk update lisensi pemakaian dan virus definitionnya.

    Update: Anda bisa mendownload definitionnya untuk offline update di situs support Avira. Lihat bagian VDF Update di sebelah kanan

  5. Ccleanerwww.ccleaner.com
    File-file sampah sering muncul seiring dengan aktifitas kita memakai komputer. Apalagi bila anda sering menginstall hapus software komputer. File-file tak berguna bukan hanya memenuhi media penyimpanan anda tapi juga memperlambat kinerja komputer. Ccleaner akan menghilangkan file-file sampah, file-file yang tidak terpakai dan membersihkan jejak aktifitas anda berkomputer baik di browser dan berbagai aplikasi lainnya. Ccleaner juga bisa menghapus aplikasi yang sulit dihapus melalui “Add/remove programs” di Windows. Cobalah dan rasakan “daya bersih” dari Ccleaner.
  6. OpenOfficewww.openoffice.org
    openoffice.gifSweeping software bajakan di kantor? Apakah ada alternatif software perkantoran selain Microsoft Office? OpenOffice adalah jawabannya. Selengkap Microsoft Office terdiri dari Write (Word), Calc (Excel), Impress (Powerpoint), Base (Access). Menawarkan kompatibilitas penuh terhadap MS Office, Openoffice bisa membuka dan menyimpan ke format MS Office. Pemakaiannya juga tidak jauh berbeda. Keunggulan lain adalah format penyimpanan Open Document yang menggunakan XML kemudian dikompresi dengan ZIP. Hasilnya dokumen OpenOffice jauh lebih kecil daripada MS Office (bandingkan dengan format OLE pada MS Office). Bahkan tersedia versi Portable OpenOffice di www.portableapps.com yang memungkinkan anda membawa kantor anda di sebuah flashdisk.
  7. 7-zipwww.7-zip.org
    Kompressor file format baru ini menawarkan rasio kompresi yang jauh lebih kecil daripada .ZIP yang terkenal. Aplikasi Opensource ini mendukung hampir semua format arsip antara lain RAR, ACE, ARJ, TGZ, TAR dan lain-lain. Memory yang digunakan untuk dekompresi juga relatif sedikit karena pengguna bisa memilih metode pengarsipan yang tersedia dan “Dictionary Size”. 7-Zip dengan ekstensi .7Z ini menggunakan AES-256 untuk mengenkripsi file arsip.
  8. Essential PIMwww.essentialpim.org
    Dengan Essential PIM (Personal Information Manager) anda tidak akan lupa apa yang harus dilakukan entah itu jadwal meeting atau bersih-bersih rumah. EPIM akan mengingatkan anda jika anda lupa. Terdapat fasilitas Calendar, Schedule, Notes, To-Do list, Contacts. Fasilitas password juga tersedia untuk menjaga privacy anda. Ideal bagi anda yang sibuk bekerja atau sekretaris yang harus mengatur banyak jadwal meeting.
  9. Oggdropxpdhttp://www.rarewares.org/ogg.html
    oggvorbis.gifUcapkan selamat tinggal pada MP3! Format audio OGG Vorbis mampu menghasilkan kualitas suara yang baik pada bitrate rendah (lebih kecil dari 128 kbps). Pada kasus tertentu .OGG bitrate 80 kbps setara dengan .MP3 bitrate 128 kbps. Kualitas suara setara asli dengan bitrate rendah sama artinya dengan ukuran file yang lebih kecil. Ogg Vorbis yang Opensource dan bebas paten seringkali digunakan dalam pengembangan video game dan stasiun radio. Oggdropxpd (~360 KB) mengencode file .WAV anda ke .OGG dengan gampang dan cepat.
  10. VLCwww.videolan.org/vlc
    vlc-logo.gifVideoLanClient adalah pemutar hampir semua format audio/video yang ada di planet bumi ini. Cukup satu VLC dan anda tidak akan dipusingkan dengan instalasi aplikasi terpisah atau codec untuk setiap format Video yang ingin ditonton.

• • •

4 Comments »

  1. Using Mozilla Mozilla 1.7.12 on Windows Windows XP

    makasih atas infonya. terus kembangkan software2 terbaru.

    Comment by benny — 02/06/2007 @ 2:31 pm
  2. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.7 on Windows Windows XP

    nice stuff bro. katanya sekarang lagi trend portable freeware. bisa gak ada yg begituan.
    makasih neh.

    Comment by dijan — 11/10/2007 @ 2:21 pm
  3. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.5 on Windows Windows XP

    @dijan:

    Coba di sini:
    http://downloadpedia.org/Portable_Freeware_Software

    Untuk Portable Opensource software bisa dilihat di tulisan saya “Best Open Source Software List

    Thanks ya sudah berkunjung :D

    Comment by kamaruddin — 11/10/2007 @ 2:33 pm
  4. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.0.7 on Windows Windows XP

    link lain:
    http://stiksa.blogspot.com
    http://freeware-portable.blogspot.com
    http://freewarelist.net/portable-apps.html
    http://club.cdfreaks.com/f3/portable-freeware-178945/

    Comment by steu — 12/06/2009 @ 2:53 am

Comments RSSTrackBack URI

Leave a comment

Using modified "Sitepoint-like" Theme. kamaruddin [-at-] gmail *dot* com